PKH Bukan Hanya Milik Kemensos RI

PKH Bukan Hanya Milik Kemensos RI
Tanggal: Monday, 14 June 2010
Topik: image

  "PKH BUKAN HANYA MILIK KEMENTERIAN SOSIAL RI"
Oleh : Risna Kusumaningrum

PKH meningkatkan jumlah ibu hamil mengunjungi posyandu dan meningkatkan kehadiran anak di sekolah, demikian disampaikan oleh Dr.Pungki Sumadi, Direktur Perlindungan dan Kesejahteraan Masyarakat, Bappenas saat menyampaikan hasil evaluasi PKH tahun 2009 pada pertemuan Tim Pelaksana PKH dan instansi terkait, Senin 14 Juni 2010 di Ruang Rapat Lt.1 Kementerian Sosial RI. Pertemuan ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan Kementerian Sosial RI, Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan Nasional, BPS, PT Pos dan PT BRI.  Selain itu, dalam pertemuan disampaikan bahwa PKH dinilai telah membantu pencapaian tujuan pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu, PKH bukanlah program yang hanya dimiliki Kementerian Sosial, melainkan juga Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan Nasional serta instansi terkait lainnya.


(Dokumentasi OHH Ditjen Banjamsos Kementerian Sosial RI )


Hasil evaluasi pada tahun 2009 menyatakan verifikasi baru mencapai 40%. Hal ini menuntut keterlibatan penyedia layanan kesehatan dan pendidikan untuk melaksanakan tanggung jawabnya, demikian diungkapkan oleh Drs. Toto Utomo BS selaku Dirjen Banjamsos pada pertemuan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perhatian yang serius dari instansi terkait agar verifikasi dapat berjalan dengan baik sampai tingkat daerah.
Pertemuan ini juga bertujuan untuk membahas tindak lanjut implementasi Inpres No.3 Tahun 2010 tentang Program Pembangunan Yang Berkeadilan karena dengan hadirnya Inpres 3 Tahun 2010 dapat memperkuat dukungan terhadap PKH agar semua sektor terkait  serta pemerintah daerah dapat memberi peran yang kuatdalam peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Isu utama yang dibahas antara lain perbaikan prosedur verifikasi, percepatan proses pembayaran, perbaikan koordinasi antar kementerian dan pemerintah daerah termasuk perhatian kepada anak jalanan, anak RTSM mendapat bantuan pendidikan, Jamkesmas, penyedia fasilitas pendukung di daerah.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar

Komentar Terbaru