Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan PKH Kecamatan Pungging

Hari ini baru saja dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan PKH di Kecamatan Pungging. Tim Monev yang terdiri atas perwakilan Bappeda (ibu Nurul, ibu Endah), Dinas Kesehatan (bapak Agus), Dinas Pendidikan (Nur Rakhmat dan bu Melok) dan  Dinas Sosial (bapak Edi dan Joko Supangkat) yang didampingi pendamping PKH Pungging mendatangi dua sampel fasilitas pendukung PKH yaitu SMPN II Pungging, dan Puskesmas Watukenongo.

Di SMPN II Pungging tim Monev disambut baik oleh ibu kepala sekolah, Suparni M.Pd. Perbincangan berlangsung dengan hangat dan terbuka. Masing-masih pihak mengungkapkan segala temuan yang terlihat pada pelaksanaan PKH, dari mulai masalah absensi siswa, peningkatan kemampuan siswa miskin dalam memenuhi kewajiban (finansial) sekolah, sampai saran dan solusi yang perlu dtindaklanjuti bersama.

Perjalanan dilanjutkan ke desa Watukenongo untuk menuju puskesmas. Jalan yang dilalui sedikit di luar prediksi karena baru diuruk pasir batu yang belum diratakan sehingga sedikit mengurangi kelancaran perjalanan, namun Alhamdulillah rombongan tim sampai dengan selamat sampai tujuan.
Di puskesmas Watukenongo, tim ditemui oleh kepala puskesmas, ibu Ambar dan koordinator bidan desa, ibu Min (demikian kami memanggil beliau)


Temuan yang diperoleh dari peninjauan di puskesmas, bahwa ternyata data absensi pemeriksaan keseharan oleh peserta PKH, dikerjakan pada satuan instansi kesehatan yang lebih kecil, yaitu langsung pada bidan desa, dikirim langsung ke rumah bidan, sehingga, puskesmas tidak pernah menangani. Namun, pihak puskesmas memang sudah mengetahui bahwa itu sudah prosedurnya. Pendamping juga tetap melaksanakan tugasnya untuk mendampingi peserta PKH yang membutuhkan akses ke fasilitas kesehatan, misalnya baru-baru ini, membantu mengusahakan peserta PKH untuk mengakses Jamkesmas untuk pengobatan bayinya yang sakit.

Secara umum, pelaksanaan PKH di kecamatan Pungging terbilang cukup baik, didukung oleh penyedia layanan pendidikan dan kesehatan yang baik dan mendukung penuh pelaksanaan program ini.
Proses Monev ini diakhiri pukul 11.00 dengan beberapa saran tindak lanjut yang akan dikerjakan bersama-sama.

Berikut ini sedikit dokumentasi pelaksanaan Monev di kecamatan Pungging.

 

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar

Komentar Terbaru