Pencairan Bantuan PKH 3 Kecamatan Baru

Kamis, 09 Jul 2009 18:35:01
Mojokerto - Dana Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Mojokerto, Jatim, dipastikan akan cair pada Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kesejahteraan dan Sosial Kabupaten Mojokerto, Yudha Hadi, Kamis, mengatakan, pemerintah pusat telah menjanjikan akan memberikan dana PKH kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Kabupaten Mojokerto, pada Agustus mendatang.

Sebelumnya, pemerintah Kabupaten Mojokerto telah mendata RTSM di tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Jetis, Kutorejo dan Kemlagi yang belum mendapat dana PKH, katanya.

Dari hasil pendataan itu, ditemukan ada 1.100 RTSM layak menerima program dana PKH.

Selanjutnya, dari pendataan tersebut dilakukan penelitihan oleh pemerintah pusat dan akhirnya pemerintah menerima usulan dari Kabupaten Mojokerto, untuk mencairkan dana PKH pada 1.100 RTSM tersebut.

Semua RTSM susulan dari tiga kecamatan itu dijanjikan akan menerima dana PKH pada Agustus 2009. Oleh karena itu, untuk memuluskan proram itu, kini Dinsos telah menyiapkan tenaga pendamping, katanya menjelaskan.

Menurut dia, proram PKH ini telah dilakukan di 15 dari 18 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Dari lima kecamatan itu jumlah RTSM yang ada sebanyak 17.683 orang. Setiap RTSM mendapat dana bantuan uang dari pemerintah antara Rp200 ribu sampai Rp733 ribu.

Rencana pencairan ini ditanggapi positif oleh Sutono warga Jetis Kabupaten Mojokerto. Ia mengaku, meski dia masuk kategori RTSM. Namun, sampai sekarang ini belum pernah mendapatkan dana PKH dari pemerintah.

Padahal, keponakannya juga masuk kategori RTM di Kecamatan Gondang sudah mendapat dana PKH.

"Saya juga sudah pernah didata petugas, dan petugas tadi mengatakan, saya masuk keluarga RTSM sekaligus menjadi calon penerima dana PKH. Namun, sampai sekarang belum ada tanda-tanda kapan dana itu bisa saya terima," katanya.

Dia sudah lama berharap bisa mendapatkan dana PKH itu. Karena dana itu nantinya bisa meringankan beban ekonominya.

"Saya juga sudah sering tanya ke Pak Polo (Kepala Dusun-red) kapan dana itu PKH untuk saya cair. Beliau juga tidak tahu dan menyuruh saya bertanya ke Kecamatan atau ke Kantor Kesejahteran dan Sosial Kabupaten Mojokerto," katanya menambahkan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar

Komentar Terbaru