PEMKAB MOJOKERTO CAIRKAN DANA PKH TIGA KECAMATAN

PEMKAB MOJOKERTO CAIRKAN DANA PKH TIGA KECAMATAN
Friday, 18 September 2009 00:55

Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jatim, mencairkan dana program keluarga harapan (PKH) untuk tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Kutorejo, Jetis dan Kemlagi.
Mojokerto, 17/9 (Antara/FINROLL News) - Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jatim, mencairkan dana program keluarga harapan (PKH) untuk tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Kutorejo, Jetis dan Kemlagi.

Kepala kesejahteraan dan Sosial (Kessos) Kabupaten Mojokerto, Yudha Hadi, Kamis, mengatakan, pencairan tersebut diberikan kepada ribuan warga miskin yang tersebar di tiga kecamatan tersebut.

"Setiap penerima nantinya mendapatkan uang antara Rp200 ribu sampai Rp700 ribu," ujarnya menjelaskan.

Ia mengemukakan, dana PKH ini, sesuai dengan aturannya untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil, tambah gizi balita, membayar sekolah dan membeli peralatan sekolah.

"Jangan sampai uang yang diberikan ini digunakan untuk telepon genggam, membeli radio atau tape," katanya menegaskan.

Ia juga mengancam akan mencoret daftar nama penerima PKH, jika dana tersebut tidak dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

"Kalau dalam praktiknya nanti kami mengetahui ada penerima PKH yang menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain, maka namanya akan kami coret dan mereka tidak bisa menerima dana itu lagi," katanya tegas.

Ia menjelaskan, setelah libur Lebaran, pihaknya akan menurunkan tim pengawas dan mendata pada setiap penerima untuk mengetahui peruntukan uang yang diberikan.

Jika ada sasaran sengaja menggunakan uang itu tidak sesuai peruntukan, penerima akan dicoret dan periode berikutnya mereka tidak dapat bantuan uang PKH lagi.

Ia menjelaskan, pencairan dana PKH di tiga kecamatan kali ini totalnya mencapai Rp753.508.000,00 dengan rincian Kecamatan Kutorejo mendapatakan Rp173.702.000,00, Kecamatan Jetis Rp352.370.000,00 dan Kecamatan Kemlagi Rp227.436.000,00.

Sementara itu, Surati, salah seorang warga Kutorejo yang menerima dana PKH mengaku bersyukur dana PKH tersebut bisa cair sebelum lebaran.

Karena, uang Rp700 ribu yang ia terima tersebut akan dipergunakan untuk membeli susu dan membelikan seragam sekolah anaknya.

"Sebelumnya saya sempat bingung dan berharap dana PKH bisa cair secepatnya. Karena sehabis lebaran ini saya harus membelikan buku, pensil, sepatu, dan seragam anak saya," katanya lirih.

Sebelumnya, Bupati Mojokerto Suwandi, mengimbau kepada penerima dana PKH supaya pandai-landai menggunkan dana itu. Jangan sampai penggunaan dana itu menyimpang dari ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah. (T

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar

Komentar Terbaru