Pencairan BLT Kec. Pungging 2009

Mbak Dina Berkoordinasi dengan Satpol PP

Penerima BLT Sudah Antre Pagi2

RRHakim Memberitahu Jadwal Desa kepada Penerima BLT

Pak Mashuri (POS) Berinteraksi dengan Penerima BLT


Penerima BLT yang Datang Terlalu Pagi Terpaksa Menunggu

Loket Mulai Dibuka

Jadwal Pencairan BLT tahap Pertama tahun 2009 di kabupaten Mojokerto adalah terakhir hari ini, 29 April 2009. Pencairan pada hari ini dilaksanakan untuk kecamatan Pungging dan Ngoro. Penulis kebetulan adalah Pendamping PKH Kec. Pungging, jadi turut membantu kelancaran pencairan BLT kecamatan Pungging

Pukul 07.00, petugas POS sudah datang di pendopo kecamatan Pungging. Tidak seperti pencairan BLT tahun 2008, pengaturan pencairan terlihat jauh lebih tertata. Ada tiga loket yang akan melayani 3742 penerima bantuan secara simultan sehingga akan mempercepat proses pencairan.

Uang tunai datang dengan dikawal Polisi sekitar pukul 07.30. Sedikit persiapan sana sini, pukul 08.00 tepat penerima bantuan langsung tunai dapat mulai mencairkan wesel yang telah mereka terima.
Wesel? ya, Kartu BLT yang dulu terlihat mewah dan untuk lebih dari satu kali pengambilan untuk tahun ini berubah menjadi wesel. Berupa kertas putih dengan data2 penerima tercantum di atasnya. Wesel ini pun tak ubahnya seperti wesel biasa yang hanya berlaku untuk satu kali pencairan bantuan saja. Lebih aman menurut saya, karena akan mengurangi hilangnya kartu (jika ada lebih dari satu bagian yang disobek sebagai tanda terima)

Kami, Pendamping PKH, berinisiatif membantu kelancaran Pencairan BLT di kecamatan Pungging ini. Kami membantu para penerima BLT untuk mengantre di loket yang sesuai dengan desa asal mereka. Sebagian besar penerima tidak tahu adanya sistem penjadwalan berdasarkan desa ini. Jadi mereka yang dari desa Ngrame misalnya, walaupun datang pagi2, tetap akan dilayani siang sesudah desa2 yang tercantum dalam jadwal.

Berikut ada adalah pembagian loket untuk 19 desa di Kecamatan Pungging.
Loket 1 : Tunggalpager, Lebaksono, Sekargadung, Tempuran, Watukenongo, Ngrame
Loket 2 : Jabontegal, Balongmasin, Purworejo, Kedungmungal, Curahmojo, Jatilangkung, Mojorejo
Loket 3 : Pungging, Kembangringgit, Banjartanggul, Kalipuro, Bangun, Randuharjo

Pembayaran dijadwalkan sampai pukul 13.00, namun pada pukul 12.00 pendopo kecamatan sudah terlihat sepi karena memang pencairan kali ini relatif lebih cepat daripada pencairan sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar

Komentar Terbaru